Cara Mendaftar Di Plurk

Bermain plurk itu gampang
Seperti yang telah saya tulis tadi , saya tuh lebih suka nge-Plurk daripada nTwitter… Kalau anda masih nanya juga apa gunanya main plurk, saya kasih tau ya: gunanya buat berhubungan sama teman-teman kita. Menurut saya, main plurk jauh lebih menguntungkan daripada main Friendster, karena kita bisa update berita kita dan teman kita bisa meresponnya dengan cepat. Sesuatu yang kurang di Friendster. Dan dengan plurk kita juga bisa “broadcast message” ke teman-teman kita, jadi mirip fungsi di autoresponder, bedanya, yang ini gratis :mrgreen: dan fun.
Uh-oh.. Jadi gimana sih cara kerja Plurk?
Gini nih kira-kira cara Plurk bekerja:
kita ngupdate-in kegiatan kita sehari-hari, mulai dari yang nggak penting kayak makan mie goreng sampai ngasih tau info seputar hal yang kita minati (kita mau jual laptop kita misalnya, eee.. siapa tau ada yang mau beli).
mengupdate hidup kita
(tentu saja saya nggak akan benar-benar bagi duit untuk saat ini, ini contoh aja) :-D
kemudian update-an kita akan muncul di timeline
di timeline, updatean kita akan muncul bersama-sama dengan update teman-teman kita (yang bisa kita add), mirip seperti tulisan yang saling sahut-sahutan…
plurk   
friend update
dari sini aja mulai keliatan manfaat dari plurk, kita bisa tau kegiatan teman-teman kita (misal dia ngasih tau hal yang penting, biasanya sih cuma ngobrol aja :-D ), atau kita juga bisa “broadcast” pengumuman dari kita. Ini penting kalau kita garap secara serius, misalnya kita jualan sesuatu, kan bisa kirim pengumuman disini. Saat ini kalau buat saya sih cuma buat iseng-iseng aja. Lagipula gini aja dah fun kok.
Setelah plurk terbuat, kita bisa mereply plurk milik teman-teman kita, atau anggota plurk lain juga bisa mereply plurk kita.
reply
   with friend
Memang, keliatannya narsis ya.. :-P main-main sama anak aja diumumin. Tapi disitulah kekuatan plurk, seolah-olah kita sedang kirim sms ke semua teman kita, dan hebatnya, mereka bisa juga ngebalesin pikiran kita, jadinya seolah-olah kita ngobrol. Fitur ini buat saya jadi fitur yang paling berguna di plurk. Jadi mirip blogging kan? Bedanya ini micro-blogging, hanya beberapa karakter aja.
Kita juga bisa nempelin plurk milik kita di blog kita, lewat widget yang mereka sediakan
plurk widget
Untuk menambah keasyikan ngeplurk, team plurk membuat semacam “tantangan” untuk kita-kita supaya sering-sering beraktivitas dengan Plurk. Mereka menyebutnya “Karma” (atau poin), jadi semakin sering kita ngeplurk, semakin banyak teman kita, semakin banyak kita punya penggemar (follower), karma kita akan naik, nilainya dari 0 sampai 100.
karma di plurk
Semakin tinggi karma kita, fasilitas di plurk semakin terbuka, kita bisa dapat emoticon yang lebih banyak (bisa diakalin dengan bantuan dari teman misterius kita disini), bisa rubah makhluk plurk kita (apaaan tuh? ya pokoke ada makhluk yang nemenin kita di plurk, itu aja), macam-macam deh.. Kalau saya baru 1 fasilitas yang terbuka, karena karmanya baru diatas 10, hi hi hi… Ini nih:
hadiah 
  karma pertama
Saya baru bisa nulis header unik.. maklum aja.. masih baru beberapa hari nge-plurk :mrgreen:
Selain yang saya tulis diatas, ada beberapa fasilitas lain, seperti:
  • Bisa kirim plurk lewat hp, berguna kalau kita nggak didepan komputer. Akses di www.plurk.com/m (kena biaya data)
  • Bisa rubah layout halaman anda dengan merubah css

Jadi, dimana daftarnya?

Anda bisa daftar Plurk di sini.