5 Travel Blog Indonesia Favorit

Di bawah ini adalah lima travel blog Indonesia favorit saya, semoga kelima travel blog ini dapat menginspirasi Anda untuk membuat travel blog Anda sendiri. :)

(1) The Naked Traveler


The Naked Traveler

The Naked Traveler - Trinity sebagai salah seorang pencetus booming-nya buku catatan perjalanan di Indonesia ini memiliki blog catatan perjalanan yang sungguh naked, gaya tulisannya jujur dan santai namun disajikan secara menarik. Hal-hal kecil yang kadang luput dari perhatian kita saat traveling selalu berhasil ditulisnya menjadi rangkaian cerita yang seru. Seringkali setelah membaca tulisan Trinity, saya jadi berpikir, "Oohh ternyata di sana ada sisi yang begitu ya..."

Hingga saat ini, Trinity sudah menelurkan tiga buah buku: The Naked Traveler, The Naked Traveler 2, dan Dua Hippo Dinamis: Tersesat di Byzantium. (Saya belum baca buku komik yang terakhir! Huhu...)


(2) Artson Travelpedia

Artson Travelpedia

Artson Travelpedia - Tulisan Kang Ocon sangat informatif, sesuai dengan judul blog-nya: Travelpedia. Berbagai macam informasi dan tips tentang backpacking bisa kita temui di sini. Very helpful! Kang Ocon, sang blogpacker ini sendiri memulai perjalanannya karena terinspirasi oleh kisah petualangan Tintin, tokoh wartawan asal Belgia ciptaan Hergé yang suka melancong ke seluruh penjuru dunia.

Kang Ocon telah menerbitkan satu buah buku berjudul Merencanakan Sendiri Jalan-Jalan Keliling Dunia yang penuh dengan tips & trik traveling, buku ini cocok untuk para backpacker, solo traveler, dan independent traveling.


(3) My Journey, by Agustinus Wibowo

My Journey

My Journey, by Agustinus Wibowo - Saya pertama kali tahu tentang Agustinus Wibowo dari salah satu artikel di Kompas yang meliput dirinya. Kesan pertama saya, "Wah keren banget, umur dua puluhan udah berani berpetualang sendirian ke tempat-tempat yang bukan daerah turis. Bisa banyak bahasa pula, hebattt!" Walau saya tidak terlalu mengikuti cerita petualangannya yang sempat rutin dimuat di Kompas, tapi dari beberapa artikel yang saya baca, petualangan Agustinus Wibowo ini tampaknya seru-seru banget dan selalu mengulas secara dalam tentang budaya serta gaya hidup penduduk negara yang pernah disinggahinya. Blognya sendiri penuh dengan kumpulan artikel dari berbagai media yang pernah ditulisnya juga meliput dirinya. Lumayan kan buat baca-baca gratis, hehehe...

Agustinus Wibowo kini telah menelurkan buku Selimut Debu, yang berisi kisah petualangannya saat menjelajahi Asia Timur dan sekitarnya. (Buku yang ini saya juga belum baca, huhu...)


(4) hifatlobrain 2.0

hifatlobrain 2.0

hifatlobrain 2.0 - Blog ini mendeskripsikan dirinya sebagai "...bukanlah travel guide, jadi sangat susah bagi Anda untuk menemukan entry seperti How To Get There, Where To Stay dan Where To Eat untuk sebuah destinasi. Yang kami tawarkan adalah sebuah Travel Experience, sebuah cara pandang baru bagi para pecinta jejalan."

Yup, membaca blog ini memang seperti melihat sebuah destinasi dengan sudut pandang berbeda. Hifatlobrain 2.0 dikelola oleh tiga orang anak muda yang suka jalan-jalan dan menulis. Saya sendiri salut dengan gaya serta struktur tulisan mereka yang amat rapi dan teratur (yang cukup jarang ditemukan dalam sebuah blog). Beberapa tulisan di blog ini pun sudah pernah pula diterbitkan di media cetak, seperti Travelounge dan Rolling Stone Indonesia. Oh ya, kadang-kadang hifatlobrain 2.0 ini memberikan eBook gratis! Wuhuu! Saya suka eBook gratis! :D

Selain berisi tulisan mereka, blog ini juga menawarkan fitur kontribusi untuk para pembacanya. Jadi kalau ada yang mau menyumbangkan artikel di hifatlobrain 2.0, bisa lho... :)


(5) Ransel Kecil

Ransel Kecil

Ransel Kecil - Yang paling saya suka pada travel blog yang cukup terbilang baru ini (ternyata seumuran dengan TBN!) adalah desain website-nya! Rapi, bersih, dan warna-warni. Tata letaknya juga enak untuk dibaca.

Ransel Kecil adalah blog kolaboratif yang mengupas seluk beluk perjalanan independen (alias tanpa menggunakan jasa biro wisata). Sesuai dengan konsep awalnya, Ransel Kecil menerima sumbangan artikel dari pembacanya, jadi hayuk mari-mari menyumbangkan tulisan tentang jalan-jalan. :)