Backpacking in Singapore : How-To & Travel Budget


Singapore!
Photo credit : sxc.hu

Notes ini gw persembahkan untuk teman-temenku yang pengen coba-coba keluar negeri juga tapi blom punya pengalaman sama sekali (just like me before) hehehehehe...

Hal yang perlu dilakukan antara lain:

1. Bikin Passport
Bikin passport bisa melalui travel agent atau bisa juga ngurus sendiri. Normalnya passport jadi sekitar 2 minggu. Kalo ngurus sendiri biayanya sekitar 250ribuan, tapi harus bolak-balik ke kantor Imigrasi minimal 3 kali, dan antrinya lama. Kalo pake travel agent (gw pake Panorama Tours di Pacific Place) biayanya 470ribuan, cukup sekali doang ke kantor Imigrasi untuk foto+wawancara+ttd passport. Gw pilih agent karena agentnya buka sampe jam 7 malem jadi gw bisa ngurus passportnya pas pulang kerja.

Dokumen yg perlu disiapin untuk bikin passport: fotokopi ktp + fotokopi kartu keluarga + fotokopi akte kelahiran + fotokopi surat nikah (jika ada) + fotokopi ijazah terakhir + surat sponsor asli dari kantor (untuk karyawan) atau dari kampus (untuk mahasiswa). Contoh surat sponsornya gw punya kok, kalo ada yang butuh just contact me aja, ntar gw kirim via email yach :)

2. Bikin NPWP
Penting banget nih punya NPWP buat keluar negeri. Karena dengan menunjukan kartu NPWP bisa gratis fiskal. Kalo ga punya, mesti bayar 2,6juta. Tapi 1 rumah cuma butuh 1 NPWP kok, jadi kalo ngga punya NPWP tapi orang tua punya, bisa pake NPWP orang tua + kartu keluarga. Tapi kalo mau bikin caranya gampang kok. Buka aja www.pajak.go.id nanti diajarin cara bikin NPWP disitu.

3. Booking Tiket Pesawat
Untuk tiket pesawat murah jagoannya ya Airasia. Rajin-rajin aja pantau websitenya Airasia biar dapet tiket promonya hehehehe... Kalo mau pake maskapai luar negeri, bisa diintip websitenya Jetstar. Kadang-kadang ada promo Jkt-S'pore-Jkt cuma 500ribu PP. Jetstar ini anaknya Qantas Airways (Australia) Selama ini gw booking Airasia pake kartu kredit, gw ga ngerti pake kartu debit bisa apa ngga. Tp kalo yg ga punya kartu kredit bisa beli tiket Airasia di Carrefour yang ada counter Airasia-nya, cuma harganya lebih mahal dari yg di website dan kena fee 25ribu.

4. Booking hotel / hostel
Booking hotel kalo untuk diluar negeri bisa dilakukan via online. Lagi2 dibutuhkan kartu kredit dsini. Buat yg pengen cari penginapan murah bisa buka www.hostelworld.com atau kalo yg gw pake itu website go holiday airasia.

Stepnya gini:
Buka airasia.com -> pilih negara (indonesia) dan bahasa (bahasa indonesia). Trus kita masuk ke halaman home-nya. Di sebelah kiri ada kotak yg bertuliskan penerbangan + hotel. Klik di situ -> maka kita masuk ke home-nya Go holiday Airasia.

Di bagian atas berderet ada tulisan (home - hotel - activities - car - medic - hostel - tools - help - info) untuk yg pengen booking hotel minimal bintang 3, silahkan klik "hotel", tapi buat yang pengen penginapan murah, kita klik "hostel" -> lalu kita masuk ke property search. Masukin data sesuai ama kebutuhan kita. Tujuan Country, City, Tanggal kedatangan (arrival date), jumlah malam nginepnya, mata uang yg digunakan, dan jumlah orang yg akan nginep dsana.

Untuk hostel perhitungan harganya adalah per orang bukan per kamar. Kalo lo mau jalannya rame-rame gpp langsung tulis total orangnya aja, ntar urusan bagi-bagi kamar bisa diatur di halaman website selanjutnya. Setelah data terisi lengkap klik search dan kita akan masuk ke halaman property search. Di sana akan ada banyak hostel dengan keterangan singkat dan harga termurahnya. Untuk ngeliat harga dan jenis kamarnya, klik "book now" aja.

Ada beberapa istilah yg perlu dipahami di sini:
- private = maksudnya kamar yg kita sewa akan dihuni sama kita aja
- dorm = kita akan tidur di kamar bareng2 sama tamu yg lainnya. Dan biasanya kasurnya bertingkat kyk di barak gt. Mostly isinya 6 - 8 kasur per kamar.
- mixed dorm = maksudnya kamar itu bisa dihuni cewe dan cowo bareng2.... ada lagi female dorm yang khusus buat cewe aja tp tetep tidur rame2 dengan tamu yg lain.
- ensuite = maksudnya kamar mandi tersedia di setiap kamar
- shared bathroom = dari namanya juga ketauan kalo ini 1 hotel kamar mandinya rame-rame.

Jadi waktu booking hostel, selain cari harga yg murah, perhatiin juga istilah-istilahnya. Kalo udah ktemu hostel yg cocok di hati tinggal masukin jumlah kamar dan jumlah orangnya trus klik "book now". Di sini kita cuma perlu bayar 10%nya aja kok. Nanti pelunasannya pas udah sampe di hostelnya. Trus bukti bookingnya akan dikirim via email.

5. Check-in di Bandara SoeTa
Passport udah punya, NPWP udah ada, tiket udah dibeli, kamar udah dibooking. Sekarang saatnya tiba untuk berangkat jalan-jalan. Hal yg pertama dilakukan saat masuk ke bandara adalah menuju check-in counter pesawat lo. Trus nanti di sana lo serahin tiket dan tunjukin passport, lalu mereka akan ngasih print out boarding pass. Untuk bandara SoeTa kita mesti bayar airport tax Rp 150.000,- dan dibelakang boarding pass nya akan ditempelin sticker airport tax nya. Kalo yg bawa koper gede dan pengen dimasukin ke bagasi pesawat di counter ini juga tempat nyerahin koper nya.

Selesai dari check-in, kita menuju ke konter pembebasan fiskal. Cukup tunjukin npwp + passport + boarding pass nanti ditempelin sticker bebas fiskal dibelakang boarding pass. Abis itu kita masuk ke imigrasi untuk di stempel passport kita dan kita ngisi form imigrasi gt. Trus menuju ke boarding gate. Di boarding gate nanti disensor isi tas kita. Ga boleh bawa cairan diatas 100ml ya? Kalo ketahuan disita sama mereka. Selesai deh urusan di bandara, tinggal nunggu pesawatnya dateng aja trus terbang.

6. Check Out di Bandara Tujuan
Pas nyampe di bandara tujuan, yang tasnya di titip di bagasi ya ngantri ngambil bagasi dulu. Ini bisa makan waktu 1 jam. Trus ke bagian imigrasi negara sana untuk dapet stempel juga. Di sini bakalan ditanyain kita nginep dmana, tujuan ke sana ngapain, bla-bla-bla... yaaa banyak2 senyum aja lah biar aman, hehehehe...

Nah cerita setelah itu tinggal baca notes gw "Lost In Singapore: Trilogy" aja. Semuanya udah gw ceritain di sana. Hehehehehe...

Owkay sekarang kita bicara masalah budget.
Biaya yang akan terjadi untuk pergi ke luar negeri antara lain:
1. Pembuatan passport: 470.000 rupiah
2. Tiket pesawat: tergantung dari tiket yg lo beli
3. Airport tax: 150.000 rupiah
4. Damri PP: 40.000 rupiah
5. Penginapan selama di Singapore: tergantung harga hostel yg lo pilih. Tp waktu gw ksana nginepnya di Frankel Hostel, harganya S$25/orang/malam. Gw pilih kamar twin private ensuite
6. Tourist Pass (untuk naik MRT & Bus unlimited): S$8/orang/hari. Hitungannya 1 hari itu dari jam 12 malam sampe jam 12 malam lagi, bukan 24 jam. Artinya kalo kita beli tourist pass nya jam 5 sore pada hari itu, jadinya cuma berlaku sampe jam 12 malem hari itu aja, bukannya jam 5 sore hari berikutnya. Tourist pass bisa dibeli di MRT Ticket Office di Terminal 2 Changi Airport.
7. Biaya makan: di sini makanan mahal. Mau makan di pinggir jalan atau di McD harganya ga beda jauh. Sekitar S$ 6 - 7 sekali makan (sekitar 50ribu rupiah). Dan air putih di sini mahal banget. AQUA ukuran 600ml harganya S$1,2 (Rp.8.400)
8. Biaya lain-lain: yaa tergantung khilafnya lo pake duit aja hehehehe... Kalo buat oleh-oleh ngirit, S$50 udah cukup kok. Atau kalo lo mau coba naek wahana-wahana dengan teknologi canggih di Sentosa Island, budgetnya bisa lebih gede lagi.

Gw nukerin duit rupiah ke Dollar Singapore Rp.1,5 juta jadinya dapet S$220. Pas gw balik masih ada sisa kok duitnya.

Hayooo coba dikeluarkan kalkulatornya masing-masing, sambil buka-buka website kira-kira mau ngapain aja di Singapore, hihihihihi...